Mengenal Basic Skincare dan Urutan Pemakaiannya agar Kulit Sehat – Pada dasarnya kulit manusia membutuhkan perawatan agar selalu sehat dan terhindar dari masalah kulit. Untuk pemula atau hal mendasar yang perlu dipelajari dari perawatan kulit adalah mengetahui apa itu basic skincare atau apa saja produk skincare yang bisa dipakai secara rutin. Meski kulit manusia memiliki beragam jenis, ada kulit kering, berminyak, sensitif, dan lainnya. Basic skincare cocok untuk semua jenis kulit manusia karena bertujuan untuk membangun rutinitas perawatan kulit harian terlebih dulu.

Apa itu basic skincare?

Basic skincare adalah perawatan dasar dan pemeliharaan kulit Anda. Hal ini berperan penting dalam melindungi Anda dari patogen luar dan memberikan perlindungan pada semua organ internal Anda. Dengan penggunaan basic skincare secara rutin, maka kulit Anda semakin sehat dengan terkontrolnya garis-garis halus, kerutan, bintik hitam, dan kerusakan akibat sinar matahari. Anda juga dapat secara efektif mengatasi beberapa masalah kulit yang lebih kecil, seperti kulit kering atau berminyak, dengan produk perawatan wajah. Untuk hasil lebih baik, asisten profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Alabama, Corey L Hartman menyampaikan, ada baiknya rutinitas basic skincare dipadu dengan olahraga, meditasi, atau aktivitas bermanfaat lainnya.

Urutan pemakaian basic skincare

1. Pembersih wajah

Lakukan pembersihan wajah dengan cuci muka menggunakan produk pembersih (cleanser) yang tidak membuat kulit kencang setelah cuci muka. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, namun cukup satu kali sehari jika Anda memiliki kulit kering dan tidak menggunakan makeup. Hindari mencuci muka sampai minyak alami pada wajah Anda benar-benar hilang, karena mengakibatkan kulit terasa kering.

2. Serum

Anda bisa menggunakan serum untuk pagi hari dan malam hari. Saat pagi hari, pakai serum dengan vitamin C atau peptida, selanjutnya pakai tabir surya. Pada malam hari, Anda bisa memakai serum retinol atau resep retinoid. Dua hal ini bekerja paling baik pada saat malam hari, untuk meremajakan kulit, dan mencerahkan kulit.

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat

3. Pelembab

Kulit berminyak pun membutuhkan pelembab, tetapi gunakan yang berbahan ringan, berbasis gel, dan non-komedogenik, atau tidak menyumbat pori-pori. Penggunaan pelembab bertujuan untuk mengunci kelembaban kulit wajah kita agar tidak kering dan tetap terawat.

4. Tabir surya

Oleskan tabir surya dengan kandungan SPF 30 pada 15 menit sebelum pergi ke luar ruangan. Sebab, tabir surya perlu beberapa saat untuk aktif dan menyerap ke kulit. Warna kulit yang lebih gelap sebenarnya membutuhkan lebih banyak perlindungan terhadap sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki. Sebagai informasi, pilih produk yang sesuai dengan jenis dan sensitivitas kulit Anda, dan jangan lupa untuk membaca labelnya. Beberapa produk, seperti retinol atau retinoid resep, hanya boleh digunakan pada malam hari.